Cara Memanagemen Tingkat Kemampuan Berkomunikasi Secara Efektif

A. Pendahuluan
    Bagaimana berkomunikasi yang baik dan sejauh mana tingkat keterampilan dalam berkomunikasi secara efektif merupakan poin yang dapat mengukur dan memfasilitasi terwujudnya setiap kesuksesan yang kita cita-citakan. 
    Jadi, keterampilan dalam komunikasi merupakan poin penting yang harus kita latih sehingga dalam setiap aspek kehidupan yang kita jalani dapat menjalin hubungan yang baik dalam setiap tahap yang kita lalui. 



B. Pembahasan
    Bagi setiap orang, keterampilan berkomunikasi secara efektif merupakan satu poin yang wajib dimiliki, baik yang bekerja diperusahaan maupun bidang pekerjaan lain, bahkan untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. 
    Keterampilan berkomunikasi secara efektif merupakan suatu poin pendukung yang esensial untuk memfasilitasi mewujudkan keberhasilan setiap target ataupun hal yang kita cita-citakan. Kenapa? 
    Jawabnya adalah karena isu mendasar atau tantangan dari setiap pemimpin atau yang membawahi beberapa orang dalam suatu instansi atau tempat kerja terletak pada masalah orang-orang atau bawahan, jadi disaat kita memiliki keterampilan komunikasi secara efektif akan lebih terstruktur dan mudah dalam memfasilitasi setiap masalah. 
    Menurut Les Giblin dalam bukunya "How to Have Confidence and Power in Dealing with People (tahun 1956): " belia menyatakan bahwa jika Anda bisa membangun hubungan baik dengan orang lain, maka Anda sudah berjalan 85% menuju kesuksesan. 
    Berikut ini beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi:
  • Biasakan menjadi pendengar yang baik. 
  • Latih berbicara dengan jelas dan tidak mengulang kata yang sama dalam berbicara. Misalnya: nah, begini, bukan begitu.
  • Jika akan berbicara dalam forum atau seminar, buatlah presentase yang solid. 
  • Usahkan dalam menulis selalu dengan kalimat dan hurup yang jelas. 
  • Latihlah agar selalu bisa bekerja sama dengan orang lain (tim).
  • Melatih diri untuk bisa menyelesaikan suatu konflik dan berani berkata "tidak" dalam sesuatu hal. 
  • Latihlah diri untuk selalu bersifat asertif. 
  • Biasakan untuk meminta saran dari orang yang kita angkap bisa.
  • Selalu latih kemampuan dalam menggunakan kecerdasan emosional yang kita miliki. 

    Demikian beberapa poin yang dianjurkan untuk melatih tingkat kemampuan atau keterampilan berkomunikasi kita dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari. 
    
    

Rujukan:
  • Les Giblin, 1956. How to Have Confidence and Power in Dealing with People. 
  • Andrea Molly, 2007. success: The Ultimate Guide to Success at Work. Random House, New Zealand. 

Comments